Monday, April 16, 2012

tembaga kerajinan

daffiart.com - merupakan sebuah budaya pembuatan berbagai macam produk menggunakan tembaga kerajinan dengan bahan baku tembaga sebagai dasar / logam untuk pembuatanya.
tembaga kerajinan
tembaga kerajinan
daerah di jawa sendiri pusat kerajinan tembaga ber fokus di beberapa daerah. seperti di boyolali adalah yang terbesar.

Sentra pusat Kerajinan Tembaga-Kuningan yang ada di jawa, boyolali cepogo ,dapat di lihat dimana dari proses bahan baku, sumber daya manusia SDM  (Skill), pemasaran,hingga pengelolaan rongsok limbah industry menjadi satu kesatuan mata rantai pelaku usaha di sentra kerajinan logam di daerah tersebut. Adapun jenis usaha disentra industry kerajinan tumang yaitu : pengusaha rongsokan ( Dalepok), kerajinan Aluminium, Kerajinan alat masak tembaga tradisional ,dan tentunya kerajinan ukir tembaga materi.
Dari Aspek potensi ekonomi perputaran uang di sentra tersebut sangat lah besar setidak nya perputaran unag dalam sehari mencapai kurang lebih 1 milliar dalam sehari jika di kali kan 30 hari maka perputaran unag di sentra industi ini mencapai 30 milliar lebih dan sungguh angka yang sangat lah besar untuk sebuah sentra industry pedesaan .
Dengan semakin terbuka nya pangsa pasar industri kerajinan tembaga maka pengembangan klaster industri kerajinan tembaga di wilayah ini menjadi hal yang sangat penting, dengan peran serta pemerintah dan pelaku usaha di sana akan mampu meningkatakan kemampuan penyerapan tenaga kerja di wilayah desa-desa di kecamatan cepogo pada umumnya.
Saat ini ketersediaan Insfrastruktur jalan yang memadai, pasar kerajinan, show room bersama, merupakan tantangan bagi klaster sentra industri kerajinan di Tumang yang perlu segera di realisasikan. Mengingat Industri kerajinan tembaga kenteng merupakan satu –satu nya sentra industry di Indonesia ,dan untuk di seluruh dunia yang memiliki niche seperti nya hanya di Tuscon Mexico.
Maka perlu adanya sinergisitas peran serta pemerintah dan para pelaku usaha kerajinan di Tumang untuk memperjuangan kan Klaster sentra kerajinan tembaga sebagai desa wisata national heritagedan icon di jawa tengah khusus nya dan di Indonesia pada umumnya .
sumber : kerajinan tembaga daffiart

Artikel Terkait

tembaga kerajinan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Dapatkan desain eksklusif gretis via email